
Dalam proses tumbuh kembang, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) membutuhkan stimulasi yang tidak hanya fokus pada keterampilan individu, tetapi juga pada kemampuan bersosialisasi dan bekerja sama. Salah satu bentuk stimulasi tersebut adalah melalui kelas klasikal, yaitu pembelajaran atau aktivitas kelompok yang dirancang secara khusus sesuai kebutuhan anak.
Kelas klasikal memberikan ruang bagi anak untuk belajar, bermain, dan berinteraksi bersama teman sebaya dalam suasana yang terstruktur. Tidak hanya sekadar kegiatan bersama, tetapi program ini memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan anak.Berikut beberapa manfaat dari kelas klasikal:
- Melatih Keterampilan Sosial
Dalam kelas klasikal, anak belajar untuk berinteraksi, berbagi, menunggu giliran, serta menghargai teman. Keterampilan ini penting agar anak mampu membangun hubungan sosial yang sehat di sekolah maupun lingkungan sekitar. - Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Suasana kelompok membantu anak lebih banyak mendengar, merespon, dan menyampaikan pendapat. Hal ini mendukung perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif, sekaligus melatih keberanian anak untuk berkomunikasi. - Mengajarkan Kerja Sama dan Sportivitas
Melalui permainan dan kegiatan bersama, anak diajak untuk menyelesaikan tugas secara berkelompok. Anak belajar bekerja sama, memahami aturan, dan menerima hasil dengan sikap yang lebih dewasa. - Membiasakan Anak Mengikuti Aturan
Di dalam kelas klasikal, anak akan dilatih untuk mengikuti instruksi yang diberikan terapis. Hal ini membantu anak terbiasa dengan aturan yang berlaku di sekolah maupun kehidupan sehari-hari. - Membangun Rasa Percaya Diri
Ketika anak berhasil menyelesaikan tugas bersama teman, rasa percaya dirinya akan meningkat. Anak merasa mampu, dihargai, dan diakui dalam kelompok.
Kelas klasikal adalah sarana penting untuk menyiapkan anak berkebutuhan khusus menghadapi lingkungan sosial yang lebih luas. Stimulasi yang konsisten dalam kegiatan kelompok akan mendukung perkembangan perilaku, komunikasi, serta keterampilan sosial anak secara menyeluruh.
Yuk, konsultasikan kebutuhan anak Anda di The TamTam Therapy Centre Sukabumi, dan temukan program terapi serta kelas klasikal yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. (RYLA)
Referensi:
- American Speech-Language-Hearing Association (ASHA). (2021). Social Communication and Language Development.
- Wong, C., Odom, S. L., Hume, K., Cox, A. W., Fettig, A., Kucharczyk, S., … & Schultz, T. R. (2015). Evidence-based practices for children, youth, and young adults with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 45(7), 1951–1966.
- National Association for the Education of Young Children (NAEYC). (2020). The Benefits of Group Learning for Children’s Development.